- PALOMA SHOPWAY - Web: www.palomashopway.tk
- IFA DAHSYAT - Web: www.ifacenter.tk
- TUPPERWARE - Web: www.pusattupperware.tk
- KOKOPELLI - Web: www.kokopellicenter.tk
- GODDESS FORTUNE - Web: www.goddessfortune.tk
- ORIFLAME - Web: www.bisnissmile.tk
- AVAIL - Web: www.availnetwork.tk / www.availcenter.tk
- SOPHIE PARIS - Web: www.sophiepariscenter.tk
- SAVERO - Web: www.saverocenter.tk
- LIONELLI - Web: www.lionelli.tk / www.lionellifashion.tk
- SECONDSKIN - Web: www.secondskincenter.tk
- DSPLUS - Web: www.dsplus.tk
- KEIZA - Web: www.keizacenter.tk
- CAPRIASI - Web: www.capriasicenter.tk
- ELHAKIM - Web: www.elhakimcenter.tk
- TASKITA - Web: www.taskitacenter.tk
- BRACINI - Web: www.bracini.tk
- TEMPO DIRECT - Web: www.tempodirect.tk
- LATINA Web: www.latinacenter.tk
- ARBANI web: www.arbaniindonesia.tk
- TULIPA Web: www.tulipaindonesia.tk
PENDAFTARAN MEMBER:
- SMS Data : Nama#Alamat#Nama Bisnis ke 08159966165
Biaya Pendaftaran (Belum termasuk ongkir):
- Paloma Rp. 50.000
- Sophie Paris Rp. 50.000
- Ifa Rp. 65.000
- Oriflame Rp. 39.900
- Avail Rp. 60.000
- Tupperware Rp. 270.000
- Savero Rp. 50.000
- Lionelli Rp. 50.000
- SecondSkin Rp. 50.000
- DsPlus Rp. 50.000
- Kokopelli Rp. 50.000
- Keiza Rp.70.000
- Goddes Fortune Rp.35.000
- Capriasi Rp.50.000
- Elhakim Rp.50.000
- Taskita Rp.35.000
- Bracini Rp. 35.000
- Tempo Direct Rp.30.000
- Latina Rp.15.000 (Bukan MLM tp direct selling)
- Arbani Rp. 30.000
Bisnis MLM yang menerapkan sistem pemasaran produk secara direct selling
sekarang sudah menjamur di berbagai perusahaan Indonesia. Namun,
kebanyakan orang bila ditawarkan bisnis MLM akan menolak dengan
mentah-mentah karena mayoritas dari mereka mengalami kegagalan dan
kerugian yang besar. Ini dikarenakan minimnya pengetahuan kita tentang
bagaimana menjalankan bisnis ini dan sistem curang seperti pyramid dan
money game yg terselubung di dalamnya. Sebenarnya hal itu bukanlah
masalah bila Anda pandai memilah dan memilih bisnis MLM mana yg cocok
dengan kondisi ekonomi, kemampuan dan lingkungan Anda.
Artikel ini memberikan gambaran hal negatif dan positif bila Anda menjalankan MLM. Karena bila kita bertanya pada para pengusaha MLM ”Apa kerugian bila menjalankan bisnis ini?” mereka pasti menjawab “TIDAK ADA SAMA SEKALI” kalimat inilah yg membuat kita sangat tertarik atau malah tidak percaya pada bisnis ini.
MLM selain membuat kaya diri kita sendiri tapi juga dapat memperkaya orang lain dengan memperluas jaringan anggota. Dengan cara tercebut serta menularkan kemampuan mencari member kepada bawahannya maka dipastikan orang itu akan sukses bermain MLM. Selain itu akan mendapatkan keuntungan yg berlipat ganda bila memasarkan produk dengan harga yg lebih tinggi namun dengan orang yang tepat tentunya.
Keuntungan bila Anda menjalankan bisnis MLM :
• Walaupun Anda bukan pengusaha tapi Anda dapat berusaha dengan modal yg kecil untuk mendapatkan income yg besar.
• Anda bisa menawarkan produk secara langsung dimanapun dan kapanpun sehingga tidak perlu mengeluarkan biaya produksi dan bisa mendapatkan penghasilan dengan bekerja secara paro waktu maupun penuh
• Kepercayaan diri, motivasi yg kuat, dan pandai mempengaruhi orang lain untuk percaya bahwa bisnis/produk Anda meyakinkan adalah hal yg dibutuhkan dalam bisnis ini
• Pendapatan dan jaringan network Anda bisa diwariskan ke anak,cucu.
• ANDA ADALAH PIMPINAN DARI BISNIS INI, Mengapa? Karena Anda adalah pimpinan dari jaringan bisnis dan usaha Anda.
Dalam menjalankan suatu bisnis kerugian dan konsekuensi kerja selalu terdapat di dalamnya yaitu:
• Karena jarang sekali ditemukan di pasaran maka Harga produk yg dijual relatif lebih mahal sehingga sulit untuk membandingkan harga dengan produk lainnya. Sebaiknya Anda hati-hati pada produk mlm yang ditetapkan sangat tinggi dan memberikan bonus serta insentif yang amat tinggi karena jika ada produk serupa muncul dipasaran dengan fungsi dan kegunaan yang sama serta harga yang jauh lebih murah maka bisnis MLM Anda akan terancam gulung tikar
• Tanpa Anda sadari Kebanyakan produk MLM adalah produk luar negeri seperti obat herbal, kosmetik, aksesori dsb. Secara otomatis uang yang kita belanjakan sebagian ada yang lari ke luar negeri dan memberi dampak buruk terhadap perekonomian Indonesia karena ekspor kita akan mengalami penurunan. Cobalah untuk menggunakan produk lokal atau bahkan ciptakan produk sendiri yang mampu sukses dengan sistem MLM sampai ke pelosok dunia.
• Umumnya pada saat mencari downline para pemain MLM agak memaksa dan agresif mengajak orang lain untuk berkecimpung dalam bisnis ini, demi mencapai level tertinggi yang justru bisa membuat yang diajak menjadi muak. Hal inilah yg membuat MLM semakin buruk di mata masyarakat.
• Pemenang Dapat Kembali Ke Level Bawah, jika anggota di bawahnya mulai menggunakan produk lain/bergabung dengan sistem MLM lain. Untuk itu komunikasi dan kepercayaan yg kuat antara upline dan downline sangat dibutuhkan
• Permainan Uang / Money Game Skema Piramida
Terjebak dalam money game akan sangat merugikan Anda karena perkembangan ke depannya. Di negara lain pun seperti Malaysia, Singapura dan Amerika Serikat, money game dilarang oleh pemerintah. Sebaiknya anda menganalisa suatu sistem MLM sebelum bergabung. Jangan hanya mengandalkan insentif saja, namun juga kewajaran bonus insentif yang akan anda dapat.
Kerjasama yg kompak antara pihak swasta dengan pemerintah sangat dibutuhkan untuk menghasilkan produk MLM yang berkualitas sehingga negara kita tidak tertinggal dari negara lain dan semoga dengan adanya artikel ini masyarakat dapat lebih memahami apa itu MLM sehingga mengurangi tingkat pengangguran yg ada di negara kita.
Artikel ini memberikan gambaran hal negatif dan positif bila Anda menjalankan MLM. Karena bila kita bertanya pada para pengusaha MLM ”Apa kerugian bila menjalankan bisnis ini?” mereka pasti menjawab “TIDAK ADA SAMA SEKALI” kalimat inilah yg membuat kita sangat tertarik atau malah tidak percaya pada bisnis ini.
MLM selain membuat kaya diri kita sendiri tapi juga dapat memperkaya orang lain dengan memperluas jaringan anggota. Dengan cara tercebut serta menularkan kemampuan mencari member kepada bawahannya maka dipastikan orang itu akan sukses bermain MLM. Selain itu akan mendapatkan keuntungan yg berlipat ganda bila memasarkan produk dengan harga yg lebih tinggi namun dengan orang yang tepat tentunya.
Keuntungan bila Anda menjalankan bisnis MLM :
• Walaupun Anda bukan pengusaha tapi Anda dapat berusaha dengan modal yg kecil untuk mendapatkan income yg besar.
• Anda bisa menawarkan produk secara langsung dimanapun dan kapanpun sehingga tidak perlu mengeluarkan biaya produksi dan bisa mendapatkan penghasilan dengan bekerja secara paro waktu maupun penuh
• Kepercayaan diri, motivasi yg kuat, dan pandai mempengaruhi orang lain untuk percaya bahwa bisnis/produk Anda meyakinkan adalah hal yg dibutuhkan dalam bisnis ini
• Pendapatan dan jaringan network Anda bisa diwariskan ke anak,cucu.
• ANDA ADALAH PIMPINAN DARI BISNIS INI, Mengapa? Karena Anda adalah pimpinan dari jaringan bisnis dan usaha Anda.
Dalam menjalankan suatu bisnis kerugian dan konsekuensi kerja selalu terdapat di dalamnya yaitu:
• Karena jarang sekali ditemukan di pasaran maka Harga produk yg dijual relatif lebih mahal sehingga sulit untuk membandingkan harga dengan produk lainnya. Sebaiknya Anda hati-hati pada produk mlm yang ditetapkan sangat tinggi dan memberikan bonus serta insentif yang amat tinggi karena jika ada produk serupa muncul dipasaran dengan fungsi dan kegunaan yang sama serta harga yang jauh lebih murah maka bisnis MLM Anda akan terancam gulung tikar
• Tanpa Anda sadari Kebanyakan produk MLM adalah produk luar negeri seperti obat herbal, kosmetik, aksesori dsb. Secara otomatis uang yang kita belanjakan sebagian ada yang lari ke luar negeri dan memberi dampak buruk terhadap perekonomian Indonesia karena ekspor kita akan mengalami penurunan. Cobalah untuk menggunakan produk lokal atau bahkan ciptakan produk sendiri yang mampu sukses dengan sistem MLM sampai ke pelosok dunia.
• Umumnya pada saat mencari downline para pemain MLM agak memaksa dan agresif mengajak orang lain untuk berkecimpung dalam bisnis ini, demi mencapai level tertinggi yang justru bisa membuat yang diajak menjadi muak. Hal inilah yg membuat MLM semakin buruk di mata masyarakat.
• Pemenang Dapat Kembali Ke Level Bawah, jika anggota di bawahnya mulai menggunakan produk lain/bergabung dengan sistem MLM lain. Untuk itu komunikasi dan kepercayaan yg kuat antara upline dan downline sangat dibutuhkan
• Permainan Uang / Money Game Skema Piramida
Terjebak dalam money game akan sangat merugikan Anda karena perkembangan ke depannya. Di negara lain pun seperti Malaysia, Singapura dan Amerika Serikat, money game dilarang oleh pemerintah. Sebaiknya anda menganalisa suatu sistem MLM sebelum bergabung. Jangan hanya mengandalkan insentif saja, namun juga kewajaran bonus insentif yang akan anda dapat.
Kerjasama yg kompak antara pihak swasta dengan pemerintah sangat dibutuhkan untuk menghasilkan produk MLM yang berkualitas sehingga negara kita tidak tertinggal dari negara lain dan semoga dengan adanya artikel ini masyarakat dapat lebih memahami apa itu MLM sehingga mengurangi tingkat pengangguran yg ada di negara kita.
Member ID Nama Perusahaan Nama Produk
0002/06/93 PT. MATOLINDO PRIMANTARA Matol
0003/06/93 PT. CITRA NUSA INSAN CEMERLANG CNI
0005/06/93 PT. AMINDOWAY JAYA Amway
0008/06/93 PT. MULTICARE MITRA SEJAHTERA Multicare
0011/06/93 PT. ORINDO ALAM AYU Oriflame
0013/11/95 PT. VIVAMERINDO MITRA SEJAHTERA Vivalife
0014/01/96 PT. TARA PRIMA MEGAH Tara
0015/01/96 PT. BERJAYA COSWAY INDONESIA Cosway
0016/05/96 PT. NUGRA ALOEVERINDO Forever Living Product
0017/05/96 PT. IDENTIKA PRIMA INDONESIA Identik
0025/09/98 PT. SOPHIE MARTIN INDONESIA Sophie Martin
0027/11/98 PT. HERBALIFE INDONESIA Herbalife
0028/11/98 PT. TIGARAKSA SATRIA TBK Tigaraksa
0029/11/98 PT. SOLARAJA PERSADA JAYA Prime & First New World
0031/12/98 PT. CAPRIASI MULTINASIONAL SEJAHTERA Capriasi
0032/03/99 PT. KHARISMA GIZINDO PERKASA New Image Internasional
0033/03/99 PT. KOMPAK INDOPOLA Kompak
0035/09/99 PT. SUNRIDER NUSAPERDANA Sunrider
0036/09/99 PT. NUSANTARA ORIENTAL PERMAI NOP
0037/09/99 PT. DAEHSAN INDONESIA DXN
0038/02/00 PT. SINERGIPLASINDO DINAMIKA Sinergiplasindo
0043/04/00 PT. HARMONI DINAMIK INDONESIA High-Desert
0046/07/00 PT. TANGGUH SAKTI PONDASIMEGAH Bracini
0050/09/00 PT. ELKEN INT INDONESIA Elken
0053/01/01 PT. KK. INDONESIA KK
0056/07/01 PT. SURYA PAGODA MAS Supamas
0057/07/01 PT. SINGA LANGIT JAYA Tianshi
0058/09/01 PT. NEW MODULE FARMA Vitasqua
0061/09/01 PT. REVELL INDONESIA Revell
0064/03/02 PT. IMMUNOTEC PROFARMASIA IMPRO
0069/04/03 PT. K-LINK NUSANTARA K-Link
0071/06/03 PT. ZHULIAN INDONESIA Zhulian
0076/11/03 PT. RATU NUSANTARA Ratu Nusantara
0081/07/04 PT. KOKOPELLI MULTINASIONAL INDONESIA Kokopelly
0084/08/04 PT. WOOTEKH Wootekh
0086/09/04 PT. LIFESTYLES INDONESIA Lifestyles
0087/12/04 PT. CENTRAL JAVA DRINKING WATER Oxy
0088/01/05 PT. DCHL INDONESIA Lampe Berger
0090/05/05 PT. SYNERGY WORLDWIDE Synergy WorldWide
0091/08/05 PT. GOODWAY NETWORK INTERNATIONAL Goodway
0093/01/06 PT. PERFECT NUSANTARA Perfect
0095/03/06 PT. NUSA SELARAS INDONESIA Nu Skin
0096/03/06 PT. CAHAYA PRESTASI INDONESIA Tupperware
0098/12/06 PT. NUTREND INTERNATIONAL Nutrend
0099/03/07 PT. M-PLAN INDONESIA M-Plan
0100/07/07 PT. KOPI KLASIK INDONESIA Kopi Klasik
0103/10/07 PT. SANKEN UNIVERSAL NETWORK SUN
0104/10/07 PT. TAHITIAN NONI INDEPENDEN TNI
0105/03/08 PT. BALOK EMAS WIDIDANA Pandu
0106/04/08 PT. GLOBAL ERA MAS TempoDirect
0108/07/08 PT. KEIZA INTERNATIONAL SENTOSA Keiza
0109/09/08 PT. FRANCE VALEGE INTERNATIONAL FVI
0110/01/09 PT. DURA ESTETIKA TAMA Duraskin
0111/02/09 PT. GREEN VIT INTERNATIONAL Green Vit
0112/04/09 PT. SUPER NUTRISI ESSENCE SNE
0047/07/00 PT. ULTRATREND BIOTECH INDONESIA Utrend Biotech
0113/07/09 PT. TASLY WORLD INDONESIA Tasly
0114/07/09 PT. AVAIL ELOK INDONESIA Avail
0115/09/09 PT. HAI-O INDONESIA Hai-o
0116/01/10 PT. DIAMOND INTERETS ABADI INDONESIA Diamond Interest
0117/01/10 PT. AL WAHIDA MARKETING INTERNATIONAL Awmit
Selamat bergabung dan sukses untuk Anda.
Pengertian Direct_Selling/Multi Level Marketing
Apa itu Direct Selling (Penjualan Langsung) ?
Direct Selling (Penjualan Langsung) adalah : Metode penjualan barang
dan/atau jasa tertentu kepada konsumen dengan cara tatap muka di luar
lokasi eceran tetap oleh jaringan pemasaran yang dikembangkan oleh Mitra
Usaha dan bekerja berdasarkan komisi penjualan, bonus penjualan dan
iuran keanggotaan yang wajar.
Apa saja yang termasuk Direct Selling ?
Bagaimana kita mengetahui perusahaan yang melakukan penjualan langsung dengan benar ?
- Single Level Marketing (Pemasaran Satu Tingkat), maksudnya adalah :
Metode pemasaran barang dan/atau jasa dari sistem Penjualan Langsung melalui program pemasaran berbentuk satu tingkat, dimana Mitra Usaha mendapatkan komisi penjualan dan bonus penjualan dari hasil penjualan barang dan/atau jasa yang dilakukannya sendiri. - Multi Level Marketing (Pemasaran Multi Tingkat), maksudnya adalah :
Metode pemasaran barang dan/atau jasa dari sistem Penjualan Langsung melalui program pemasaran berbentuk lebih dari satu tingkat, dimana mitra usaha mendapatkan komisi penjualan dan bonus penjualan dari hasil penjualan barang dan/atau jasa yang dilakukannya sendiri dan anggota jaringan di dalam kelompoknya.
- Mitra usaha hanya boleh membeli keanggotaan dari perusahaan satu kali saja.
- Perusahaan tidak boleh memberikan keuntungan kepada Mitra Usaha hanya atas hasil rekrut anggota baru.
- Di perusahaan, harus ada barang atau jasa yang diperdagangkan dan dipergunakan oleh konsumen.
- Barang tidak dipergunakan sekedar sebagai kedok, yang akan terlihat bila barangnya dijual dengan harga yang tidak wajar.
- Keuntungan atau laba yang diperoleh anggota adalah terutama berdasarkan penjualan barang atau jasa kepada konsumen, bukan dari rekruting anggota baru.
- Ada pelatihan tentang pengetahuan produk dan cara menjual kepada mitra usaha.
- Ada buy back guarantee (jaminan beli kembali setelah diperhitungkan semua biaya-biaya terkait) dari perusahaan atas produk atau inventory yang masih layak jual milik anggota bila anggota mengundurkan diri dari perusahaan.
MLM Strategy
Multi Level Marketing adalah merupakan salah
satu bisnis, yang selain akan mengembangkan potensi diri seseorang
tetapi juga cukup menjanjikan dari segi finansial. Sistem rekruitmen
yang yang cukup unik, secara tidak langsung juga akan membuat diri
seseorang menjadi semakin mandiri dengan tanpa adanya batasan-batasan
dalam hal pengembangan serta peningkatan kreativitas dan inovasi. Selain
banyak yang berhasil dalam bisnis ini, juga banyak dijumpai yang gagal
dikarenakan tidak memahami dan sabar dalam melaksanakannya. Adapun
faktor-faktor pencetus timbulnya kegagalan tersebut adalah :
I.NO MINDSET. Mindset harus jelas dan jadikan MLM ini bukan hanya semata-mata hobi tetapi adalah bagian dari bisnis murni sehingga tingkat keseriusan dan keuletan, bisa mencapai titik optimal. ("Paying attention to simple little things that most men neglect makes a few men rich". Henry Ford)
II. NO SERVE. Dalam bisnis ini, faktor pelayanan adalah prioritas utama. Hari ini, bisa saja konsumen tidak membeli dikarenakan tidak ada kebutuhan atau masih ragu dan bimbang akan manfaat-manfaat dari produk / servis. Tetapi keesokan hari atau lusa, tidaklah tertutup kemungkinannya bahwa mereka akan membelinya dikarenakan sudah ada kebutuhan atau telah dimengerti dengan baik akan manfaat-manfaat dari produk. First impression haruslah yang terbaik. ("Most people have no idea of the giant capacity we can immediately command when we focus all of our resources on mastering a single area of our lives". Anthony Robbin)
III. NO VALUE. Umumnya, kegagalan akan terjadi jika produk / servis hanya ditawarkan sebatas kulit luar saja, misalnya packaging, characteristic, price yang kompetitif, dll. Ini bukanlah "need" konsumen. Kebutuhan konsumen adalah bagaimana dengan value dari produk / servis ini, baik atau buruk. Jika baik, mereka pasti akan membelinya walaupun harganya lebih mahal. Contoh kasus, walaupun sama-sama mobil dengan fungsi yang sama pula, harga mobil merek Mercedes Benz "jauh" lebih mahal jika dibandingkan dengan mobil merek Toyota. Mengapa bisa demikian ? Karena "value"-nya berbeda. ("I'm a great believer in luck, and I find that the harder I work, the more I have of it". Thomas Jefferson)
IV.NO SELLING. Walaupun produk / servisnya adalah The Best tetapi jika tidak ada kemampuan atau kemauan untuk menjual, hasilnya akan tetap nol. Dalam bisnis MLM, Anda harus rajin dan semangat mencari tahu kebutuhan orang dan memberikan solusi terbaik dengan menggunakan produk / servis yang ditawarkan. ("Visualize this thing you want. See it, feel it, believe in it. Make your mental blueprint and begin". Robert Collie)
V. NO RECORD. Database atau catatan konsumen, perlu dimiliki agar bisa dijadikan sebagai salah satu acuan untuk introspkesi diri dan juga pengevaluasian dalam penerapan keputusan, apakah selama ini sudah benar atau salah? ("What people say, what people do, and what they say they do are entirely different things". Margaret Meade)
VI.NO DIFFERENTIATE ACCOUNT. Agar senantiasa termotivasi, account pribadi dengan bisnis ini harus terpisah. Tujuannya adalah agar lebih jelas diketahui apakah bisnis MLM yang Anda ikuti sesuai / cocok dengan bakat atau tidak. Di samping itu, juga akan memotivasi diri seseorang semakin giat / semangat jika rekeningnya semakin hari semakin bertambah banyak. ("The secret of success is constancy of purpose". Benjamin Disrael)
VII.NO GOAL. Sasaran yang ingin dicapai harus jelas dan terarah. Di samping itu, juga harus dibuat perencanaan yang jelas dan realitis mengenai kapan dan dimana harus dicapai agar energi tidak terbuang sia-sia. ("To get what you want; stop doing what isn't working". Dennis Weave)
VIII. NO ACTION PLAN. Tanpa adanya action plan sama ibaratnya dengan orang buta yang jalannya meraba-raba yang tidak tahu jelas ke mana, mengapa, dan bagaimana tujuannya bisa dicapai. ("People with goals succeed because they know where they are going... it's as simple as that". Earl Nightingale)
IX. NO EVALUATION. Tidaklah mungkin akan bisa diketahui, metode ini benar atau salah jika tindak ada evaluasi. Melalui pengevaluasian akan bisa diterapkan keputusan yang bijak, metode mana lebih efektif dan efisien untuk mencapai sasaran. ("Strong lives are motivated by dynamic purposes" Kenneth Hildebrand)
X. NO VISION. Agar bisa fokus dan konsentrasi dalam pencapaian sasaran, visi harus dimiliki. Demikian pula sebaliknya, tanpa adanya visi yang jelas maka apapun akan susah dicapai karena tidak ada pedomannya. ("Focus on where you want to go, not on what you fear". Anthony Robbins)
Penulis: Peter Lim
I.NO MINDSET. Mindset harus jelas dan jadikan MLM ini bukan hanya semata-mata hobi tetapi adalah bagian dari bisnis murni sehingga tingkat keseriusan dan keuletan, bisa mencapai titik optimal. ("Paying attention to simple little things that most men neglect makes a few men rich". Henry Ford)
II. NO SERVE. Dalam bisnis ini, faktor pelayanan adalah prioritas utama. Hari ini, bisa saja konsumen tidak membeli dikarenakan tidak ada kebutuhan atau masih ragu dan bimbang akan manfaat-manfaat dari produk / servis. Tetapi keesokan hari atau lusa, tidaklah tertutup kemungkinannya bahwa mereka akan membelinya dikarenakan sudah ada kebutuhan atau telah dimengerti dengan baik akan manfaat-manfaat dari produk. First impression haruslah yang terbaik. ("Most people have no idea of the giant capacity we can immediately command when we focus all of our resources on mastering a single area of our lives". Anthony Robbin)
III. NO VALUE. Umumnya, kegagalan akan terjadi jika produk / servis hanya ditawarkan sebatas kulit luar saja, misalnya packaging, characteristic, price yang kompetitif, dll. Ini bukanlah "need" konsumen. Kebutuhan konsumen adalah bagaimana dengan value dari produk / servis ini, baik atau buruk. Jika baik, mereka pasti akan membelinya walaupun harganya lebih mahal. Contoh kasus, walaupun sama-sama mobil dengan fungsi yang sama pula, harga mobil merek Mercedes Benz "jauh" lebih mahal jika dibandingkan dengan mobil merek Toyota. Mengapa bisa demikian ? Karena "value"-nya berbeda. ("I'm a great believer in luck, and I find that the harder I work, the more I have of it". Thomas Jefferson)
IV.NO SELLING. Walaupun produk / servisnya adalah The Best tetapi jika tidak ada kemampuan atau kemauan untuk menjual, hasilnya akan tetap nol. Dalam bisnis MLM, Anda harus rajin dan semangat mencari tahu kebutuhan orang dan memberikan solusi terbaik dengan menggunakan produk / servis yang ditawarkan. ("Visualize this thing you want. See it, feel it, believe in it. Make your mental blueprint and begin". Robert Collie)
V. NO RECORD. Database atau catatan konsumen, perlu dimiliki agar bisa dijadikan sebagai salah satu acuan untuk introspkesi diri dan juga pengevaluasian dalam penerapan keputusan, apakah selama ini sudah benar atau salah? ("What people say, what people do, and what they say they do are entirely different things". Margaret Meade)
VI.NO DIFFERENTIATE ACCOUNT. Agar senantiasa termotivasi, account pribadi dengan bisnis ini harus terpisah. Tujuannya adalah agar lebih jelas diketahui apakah bisnis MLM yang Anda ikuti sesuai / cocok dengan bakat atau tidak. Di samping itu, juga akan memotivasi diri seseorang semakin giat / semangat jika rekeningnya semakin hari semakin bertambah banyak. ("The secret of success is constancy of purpose". Benjamin Disrael)
VII.NO GOAL. Sasaran yang ingin dicapai harus jelas dan terarah. Di samping itu, juga harus dibuat perencanaan yang jelas dan realitis mengenai kapan dan dimana harus dicapai agar energi tidak terbuang sia-sia. ("To get what you want; stop doing what isn't working". Dennis Weave)
VIII. NO ACTION PLAN. Tanpa adanya action plan sama ibaratnya dengan orang buta yang jalannya meraba-raba yang tidak tahu jelas ke mana, mengapa, dan bagaimana tujuannya bisa dicapai. ("People with goals succeed because they know where they are going... it's as simple as that". Earl Nightingale)
IX. NO EVALUATION. Tidaklah mungkin akan bisa diketahui, metode ini benar atau salah jika tindak ada evaluasi. Melalui pengevaluasian akan bisa diterapkan keputusan yang bijak, metode mana lebih efektif dan efisien untuk mencapai sasaran. ("Strong lives are motivated by dynamic purposes" Kenneth Hildebrand)
X. NO VISION. Agar bisa fokus dan konsentrasi dalam pencapaian sasaran, visi harus dimiliki. Demikian pula sebaliknya, tanpa adanya visi yang jelas maka apapun akan susah dicapai karena tidak ada pedomannya. ("Focus on where you want to go, not on what you fear". Anthony Robbins)
Penulis: Peter Lim
Dua Kunci Sukses Bisnis Network-Marketing
Jika Anda bertanya kepada
pelaku bisnis network-marketing tentang kunci sukses dalam menjalankan bisnis
ini, Anda akan mendapatkan beragam jawaban atas pertanyaan tersebut. Tapi,
berdasarkan pengalaman dan pengamatan saya, hanya ada 2 kunci sukses dalam
menjalankan bisnis network-marketing. Kalau begitu, apakah kedua kunci sukses di
bisnis network-marketing???
Kedua kunci sukses tersebut
adalah :
1. KONSISTENSI : Anda harus
konsisten dalam menjalankan bisnis network-marketing Anda hari-demi-hari,
bulan-demi-bulan, tahun-demi-tahun. Sebagai seorang network-marketer, Anda harus
konsisten dalam menggunakan produk perusahaan Anda. Selain itu, Anda juga harus
konsisten dalam menjalankan kegiatan-kegiatan untuk mengembangkan organisasi
network-marketing Anda.
Kegiatan-kegiatan
pengembangan bisnis yang harus Anda lakukan secara konsisten adalah : melakukan
presentasi, merekrut distributor baru, membimbing dan mendidik distributor baru
supaya mereka dapat melakukan hal yang sama.
Jika Anda dapat menjalankan
kegiatan-kegiatan di atas secara konsisten selama 2 s/d 3 tahun dalam
mengembangkan bisnis network-marketing Anda, hampir boleh dipastikan Anda akan
dapat menikmati residual income yang tinggi dari bisnis network-marketing yang
Anda jalankan.
2. JANGAN PERNAH MENYERAH :
Penyebab utama kegagalan sebuah bisnis network-marketing adalah distributor yang
menyerah. Semua pelaku bisnis network-marketing harus sadar bahwa kebebasan
finansial tidak akan datang dengan sendirinya setelah formulir pendaftaran
distributor ditanda-tangani oleh mereka.
Banyak pekerjaan dan
pengorbanan yang harus dilakukan selama 2 s/d 3 tahun pertama menjalankan bisnis
ini sebelum residual income yang diperoleh dapat memberikan kebebasan finansial
yang Anda impikan. Selama 2 s/d 3 tahun pertama itulah Anda melakukan investasi
dan membangun asset. Residual income baru akan datang setelah fondasi asset Anda
berdiri dengan kokoh.
Bisnis network-marketing
adalah bisnis yang paling adil karena hasil yang Anda peroleh dari bisnis
network-marketing benar-benar merupakan buah dari investasi modal, waktu dan
usaha yang Anda tanamkan.
Jika Anda menjalankan bisnis
network-marketing atas kesadaran Anda sendiri dan tanpa paksaan orang lain, maka
Anda juga dapat menyerah dan berhenti menjalankan bisnis network-marketing kapan
saja tanpa paksaan orang lain.
Intinya adalah, jika Anda
dapat menyerah kapan saja, mengapa harus menyerah sekarang??? Mengapa harus
menyerah sekarang jika Anda tahu bahwa dengan sedikit usaha tambahan dan
konsistensi dalam menjalankan bisnis, Anda dapat mendapatkan residual income dan
kebebasan-finansial yang Anda idam-idamkan 2 s/d 3 tahun kemudian?
Anda sendiri yang harus
menentukan apakah Anda akan menjadi seorang yang SUKSES ataupun GAGAL di bisnis
network-marketing. Semuanya terserah Anda!!!
Cobaan dan Tantangan distributor MLM
Menjadi seorang distributor
yang tangguh, handal dan sukses di MLM perlu beberapa kiat - kiat tertentu. Tips
yang bisa menunjang diri anda terus berkembang dan bersemangat dalam menjalani
bisnis, sehingga diharapkan dari tindakan ini, anda semua tetap maju pantang
mundur dan tidak cepat patah semangat. Cobaan dan Tantangan sebagai seorang
distributor MLM adalah sangat besar dan tidak mudah untuk di lalui, sehingga
kesabaran, ketabahan dan keterbukaan diri untuk menerima semua tantangan yang
ada adalah hal utama menuju keberhasilan. Berikut tindakan yang sangat berguna
bagi kesuksesan anda dalam menekuni salah satu MLM yang anda pilih dan anda
pikir cocok untuk anda dan masa depan. Tindakan yang positif dan perlu untuk
anda lakukan adalah :
1. Pelaku sekaligus konsumen
Sebagai distributor MLM tidak
hanya bisa menjual , tetapi harus dan wajib menggunakan Produk dari MLM yang
anda jalani, sehingga manfaat dan kegunaan dari produk tersebut benar - benar
anda rasakan sendiri, manfaat dari produk tersebut benar - benar berguna dan
sangat dibutuhkan pada diri anda. Hal ini perlu karena anda bisa dengan nyaman
menjalani bisnis MLM tersebut, dan yang paling penting adalah pada saat anda
menawarkan kepada calon pembeli atau member baru, anda dengan mudah dan percaya
diri bisa menjelaskan, mem presentasikan dengan baik kepada mereka. Coba
bayangkan betapa malunya anda jika calon prospek anda bertanya " bagaimana
dengan anda sendiri, apakah anda juga menggunakan produk yang anda tawarkan ini
? jawaban anda ' BELUM '. Pasti dan yakin sekali, mereka tidak akan tertarik dan
menaruh rasa antusias kepada anda, karena anda tidak mem presentasikan diri anda
dengan baik. Jadi, pergunakan produk MLM anda untuk diri anda sendiri, kemudian
orang lain.
2. Selalu belajar dan terus
belajar
Banyak leader - leader MLM
yang sukses dan cepat meraih keberhasilan karena banyak belajar. Banyak cara
untuk dilakukan, yang mudah dan menyenagkan andalah sering - seringlah membaca
buku - buku yang bermanfaat buat pengembangan diri dan pengembangan bisnis MLM
anda. Anda akan mudah menemukan buku - buku ini di Toko buku terkemuka, diantara
buku yang sangat menunjang dan Perlu dibaca adalah semua buku karangan Robert T
Kiyosaki ( Cashflow quadrant, Rich dad Poor dad, Business School, Retire Young
Retire Rich dll ) Buku karangan Zig Ziglar, Anthony Robbins, Burke Hedges, Mac
Gill, Bill Gates dan Aa Gym, serta masih banyak lagi. Selain belajar membaca ,
tentunya anda yang memiliki akses internet anda juga bisa surfing ke website -
website motivasi dan website belajar online. Selain belajar sendiri, tentunya
anda harus belajar dari Upline atau Leader MLM anda, lakukan sharing,tanya jawab
dan solusi pemecahan masalah. Sering datang ke acara Presentasi, mendengarkan
dan mencatat semua Tips dan kiat - kiat sukses dari para leader untuk memudahkan
anda bergerak, serta mendengar cerita / kisah kisah yang lucu,haru dan tidak
mengenakkan yang dialami Leader anda untuk menambah kekuatan dan semangat
pantang menyerah. Bulatkan tekad untuk bersedia belajar sungguh - sungguh '
System Bisnis MLM ' yang mana system tersebut telah terbukti bisa mencetak orang
sukses.
3. Pergunakan tehnik
Adifikasi
Jika anda baru pertama kali
atau belum lama menekuni sebuah Bisnis MLM, tehnik adifikasi adalah suatu
langkah yang harus anda ambil dan lakukan. Tehnik adifikasi adalah tehnik
menawarkan sebuah bisnis / memasarkan binis MLM anda dengan cara memberikan
contoh kepada calon member anda , dengan jalan menemukan / memberitahukan siapa
saja ( Leader Anda ) yang sudah sukses di Bisnis MLM tersebut, kemudian siap
sedia membantu anda , memotivasi calon downline anda, memberikan penjelasan dan
berbagi ilmu. Kebanyakan orang yang dipresentasi selalu bertanya siapa yang
sudah sukses, berapa lama, bagaimana caranya dsb. Jika anda baru memulai,
tentunya bukti belum begitu mendukung, maka jalan satu - satunya adalah
memanggil upline anda. Mengundang prospek ke acara Presentasi adalah hal yang
mudah untuk meng - adifikasi.
4. Jangan bekerja sendiri
Di bisnis Network Marketing,
jarang sekali dan hampir tidak ada orang yang sukses dengan jalan sendiri tanpa
bantuan orang lain. Ingat, Network Marketing terkait erat sekali dengan
Relationship Business, berbisnis secara kekeluargaan, se paham dan se visi...
jadi berusaha membentuk Teamwork yang solid, membentuk team kerja yang bagus dan
jadwal yang terencana. Jalin komunikasi yang baik dengan Leader, Upline dan
downline anda secara terus menerus, ini penting sekali karena bisnis anda
bermain dengan waktu, bermain dengan informasi, bermain dengan kecepatan. Tanpa
komunikasi, anda akan terlambat memonitor informasi terbaru, terlambat bergerak
dan terlambat untuk melakukan percepatan bisnis. Apa yang terjadi jika anda
menjalankan bisnis sendiri ? Pasti anda kembali ke selera asal , jiwa
entrepreneurship anda kembali padam, dan anda kembali seperti semula. Jangan sia
- siakan waktu anda hanya salah dalam ber - komunikasi.
5. Gunakan semua media
penunjang
Dalam menjalankan bisnis MLM
, anda juga harus kreatif dan penuh inovasi. Memanfaatkan media penunjang dari
perusahaan berupa brosur produk, kesaksian, Brosur Marketing Plan dan VCD jika
ada. Terus bagikan ke relasi / teman anda dengan cara meminjamkan untuk
dipelajari. Jika jarak anda jauh dengan mereka, maka Internet lah yang bisa
menjawab semua itu. Internet ibaratnya dunia dalam genggaman anda, jadi
pergunakan website bisnis yang anda miliki sekarang. Andapun bisa melakukan
inovasi dan kreasi sendiri, yang terpenting adalah bagaimana agar bisnis yang
anda tawarkan menarik dan mempunyai prospek masa depan yang bagus. Lagi - lagi ,
media OFFLINE berupa acara Presentasi , Success Seminar adalah hal vital dalam
bisnis MLM. Kalau Di tempat anda belum ada , maka bentuklah team dan ciptakan
acara nya. Justru anda punya peluang besar jadi LEADER hebat di wilayah tersebut.
6. Dream Builder
Ingat dan selalu di ingat,....
Tidak ada kata gagal, yang ada hanya kesuksesan yang tertunda. Selalu melihat
orang lain yang sukses di MLM, dan selalu camkan pertanyaan ini " kalau mereka
bisa, kenapa saya tidak ? dengar dan tampung semua impian downline anda,
pertemukan bersama dengan impian anda, satukan dalam langkah dan bergeraklah
maju seperti Leader - leader anda. Jangan melihat ke belakang, jangan ingat masa
sulit anda, terus maju dan selalu menyenangi segala langkah yang anda tempuh
bersama jaringan anda. Bisnis anda akan berhasil jika anda selalu membawa kata '
Senang ' dalam menawarkan ke orang lain, maka semua kendala yang anda hadapi
adalah sebuah proses dari keberhasilan yang akan anda raih. Sebenarnya mereka
bukan menolak dengan apa yang anda tawarkan, tetapi mereka belum membuka diri
untuk anda. Maka dari itu, buka impian mereka, coba samakan visi dan presepsi
dulu, baru kemudian jelaskan bisnis MLM anda. Anda siap menjadi pembangun mimpi
dan wirausaha yang tangguh.
7. Duplikasi
Di network marketing, langkah
no.7 ini sangat penting sekali untuk percepatan bisnis anda. Tanpa ada duplikasi
bisnis, bisnis MLM anda akan berjalan lambat dan gurah bergairah, jadi bagaimana
agar bisnis MLM anda mengalami percepatan yang baik ? lakukan langkah demi
langkah diatas dengan benar dan pahami akan karakter downline anda ( artinya
anda harus pintar memadukan / meracik bisnis MLM anda se enak Bartender membuat
Minuman , jika ada member anda senang dengan No.1 ( menjadi konsumen saja, maka
perlakukan lah sebaik - baiknya ), jika downline anda bisa melakukan langkah
no.1, No.2 dan no.3 saja, maka andapun juga harus paham dan bisa membantu untuk
mencoba langkah no.4 dan seterusnya. Step by step istilah bahasa melayu nya,
proses pembelajaran bisnis yang terencana. Ingin jaringan bisnis anda berkembang
baik ? Duplikasikan dengan benar dan bertahap.
Belalang Dalam Kotak
Seekor belalang A yang telah
lama terkurung dalam sebuah kotak, suatu hari berhasil keluar dari kotak yang
mengurungnya. Dengan gembira ia melompat-lompat menikmati kebebasannya.
Diperjalanan dia bertemu dengan belalang B, namun dia keheranan mengapa belalang
B itu bisa melompat lebih tinggi dan lebih jauh darinya.
Dengan penasaran ia
menghampiri belalang B itu dan bertanya, "Mengapa kau bisa melompat lebih tinggi
dan lebih jauh, padahal kita tidak jauh berbeda dari usia ataupun bentuk tubuh
?".
Belalang B pun menjawabnya
dengan pertanyaan "Dimanakah kau selama ini tinggal? Karena semua belalang yang
hidup di alam bebas pasti bisa melakukan seperti yang aku lakukan." Saat itu
belalang A baru tersadar bahwa selama ini kotak itulah yang membuat lompatannya
tidak sejauh dan setinggi belalang lain yang hidup di alam bebas.
********
Kadang-kadang kita sebagai
manusia, tanpa sadar, pernah juga mengalami hal yang sama dengan belalang A.
Lingkungan yang buruk, hinaan, masa lalu yang buruk, kegagalan yang beruntun,
perkataan teman atau pendapat tetangga seolah membuat kita terkurung kotak semu
yang membatasi semua kelebihan kita.
Lebih sering kita mempercayai
mentah-mentah apapun yang mereka voniskan kepada kita tanpa pernah berpikir
benarkah Anda separah itu? Bahkan lebih buruk lagi, kita lebih memilih
mempercayai mereka daripada mempercayai diri sendiri. Tidakkah Anda pernah
mempertanyakan kepada nurani bahwa Anda bisa "melompat lebih tinggi dan lebih
jauh" kalau Anda mau menyingkirkan "kotak" itu ? Tidakkah Anda ingin membebaskan
diri agar Anda bisa
mencapai sesuatu yang selama
ini Anda anggap diluar batas kemampuan Anda ? Beruntung sebagai manusia kita
dibekali Tuhan kemampuan untuk berjuang,tidak hanya menyerah begitu saja pada
apa yang kita alami. Karena itu teman, teruslah berusaha mencapai apapun yang
Anda ingin capai.
Sakit memang,lelah memang...
tapi bila Anda sudah sampai di puncak semua pengorbanan itu pasti akan
terbayar.Kehidupan Anda akan lebih baik kalau hidup dengan cara hidup pilihan
Anda. Bukan cara hidup seperti yang mereka pilihkan untuk Anda.
Anda Bisa Jika Anda Berpikir Bisa!
Seekor gajah yang diikat
kakinya sejak kecil dengan seutas rantai sepanjang 4 meter, ketika dia dewasa
dia tidak akan melangkah keluar dari area lingkaran 4 meter walaupun rantainya
sudah diganti dengan seutas benang. Itu bukan cerita, itu kisah nyata.
Kita sebagai manusia yang
berakal budi ternyata juga mengalami trauma yang sama. Teman saya sejak kecil
tidak berani mengendarai sepeda, ketika kami remaja dan suka keliling kota
dengan sepeda motor, dia selalu dibonceng teman lainnya, setelah kami dewasa
beberapa teman mulai memakai mobil untuk aktivitasnya, tapi teman saya itu tetap
tidak berani mengendarai apapun.
Anda jg pasti punya teman yg
tidak pernah mau mencoba mengendarai sepeda/sepeda motor, apalagi mobil, selalu
takut & merasa bahwa mengendarai motor atau mobil adalah sesuatu yg sangat sulit.
Istri teman saya bisa mengendarai mobil, setiap hari dia menggunakan mobil untuk
antar jemputnya ke dan dari sekolah, tapi dia hanya berani
menggunakannya di dalam
kompleks ( Kelapa Gading Jakarta ), selama lebih dari 5 tahun tidak pernah
sekalipun dia berani mengendarai mobil keluar dari Kelapa Gading.
Suatu hari anaknya sakit dan
masuk rumah sakit di Sunter diluar Kelapa Gading, dan suaminya sedang tugas di
luar kota. Terpaksa dia mengendari mobilnya pergi ke rumah sakit tersebut, dan
sejak saat itu dia berani mengendarai mobilnya kemana saja, termasuk pulang
pergi ke bandung.
Ada staff di bagian keuangan
yang sudah bekerja 5 tahun, tidak pernah bisa meraih promosi jabatan karena
disana adalah jabatan fungsional yang buntu dengan jenjang karir, ketika saya
tawarkan jabatan di bagian marketing, dia tidak berani mengambilnya karena
merasa tidak mampu menjadi orang marketing.
Ada seorang salesman yang
sudah bekerja 10 tahun, prestasinya bagus, disegani teman temannya, bahkan jadi
tempat bertanya atasannya. Ketika ditawari jabatan supervisor dia menolak karena
dia takut dengan pekerjaan administrasi dan takut kalau nanti suatu hari naik
lagi jadi distrik manager yang sarat dengan tugas tugas di atas meja, dia merasa
tidak bisa mengerjakan pekerjaan adminitrasi.
Dear teman2 sekalian, coba
anda lihat diri anda sendiri, adakah seutas benang yang memhambat diri anda saat
ini? Putuskan benang itu, bergeraklah maju lebih dari lingkaran yang selama ini
mengurung anda.
Anda pasti bisa kalau anda
berpikir anda bisa, anda akan gagal kalau anda selalu berpikir anda akan gagal.
Peluang demi peluang muncul setiap hari, dan karena selama ini anda menutup mata
anda, telinga anda, pikiran anda, diri anda, hidup anda, maka peluang itu
menjadi bukan peluang, lewat begitu saja.
Mulailah melangkah sedikit
demi sedikit kalau anda masih gamang, lalu berlari cepat setelah anda lebih
yakin lagi. Jangan sia siakan setiap peluang untuk maju, untuk berhasil, demi
diri anda sendiri
Tips Untuk Mensponsori Super Leader Dalam Bisnis Network Marketing Anda
Orang-orang yang menjalankan
bisnis network-marketing cenderung berpandangan bahwa cara untuk mencapai
kesuksesan adalah dengan mensponsori super leader untuk bergabung dalam bisnis
network-marketing yang mereka jalankan. Walaupun demikian, untuk merekrut
seorang super leader tidaklah mudah. Kadang kala, kita secara kebetulan berhasil
mensponsori seorang super leader, kadang kala seorang super leader secara
perlahan-lahan berkembang dari nol, kadang kala malah super leader tersebut yang
menemukan kita. Kalau begitu, bagaimanakah cara terbaik untuk menemukan seorang
(atau beberapa orang) super leader???
Secara definisi, seorang
super leader adalah seseorang yang bergabung dan menjalankan bisnis
network-marketing dan kemudian dapat mengembangkan bisnisnya secara signifikan
dan menghasilkan volume penjualan produk yang tinggi. Tentu saja orang-orang
yang menjalankan bisnis network-marketing sangat mendambakan untuk dapat
merekrut sebanyak mungkin super leader ke dalam organisasi network-marketingnya
karena super leader tersebut akan memberikan kontribusi komisi dan royalti yang
tinggi kepada sponsornya.
Kalau begitu, bagaimana
caranya supaya Anda dapat merekrut super leader ke dalam organisasi
network-marketing Anda?
Untuk dapat merekrut super
leader, Anda harus mulai dari diri Anda sendiri. Mulailah berperilaku seperti
seorang super leader dalam kegiatan Anda sehari-hari.
Bagaimana pola perilaku
seorang super leader sehari-hari?
1. Jangan berharap seorang
distributor baru dapat langsung sukses dalam bisnis network-marketing jika tidak
memperoleh dukungan dari seorang sponsor yang memiliki komitmen. Sebagai seorang
sponsor, Anda harus bersedia memberikan bantuan dan training kepada distributor
dan downline Anda supaya mereka dapat sukses dan menjadi seorang super leader.
2. Seorang super leader
secara konsisten memberikan contoh dalam menggunakan produk dari perusahaan
network-marketing yang ia jalankan. Anda harus mempercayai kualitas produk yang
ditawarkan oleh perusahaan network-marketing Anda. Jika tidak, bagaimana mungkin
Anda dapat meyakinkan orang lain untuk menggunakan produk yang Anda jual?
3. Jangan berpikir bahwa
dengan bergabung menjadi distributor perusahaan network-marketing, seseorang
akan otomotis menjadi kaya dan mencapai kebebasan finansial. Seorang super
leader harus secara konsisten menjalankan bisnis network-marketingnya. Yang
dimaksud dengan menjalankan bisnis network-marketing adalah dengan mengadakan
presentasi, merekrut, dan mendidik downline.
Dengan menerapkan pola
perilaku di atas, Anda secara tidak langsung menciptakan kesan bahwa Anda
benar-benar serius dalam menjalankan bisnis network-marketing Anda. Dengan
memberikan contoh yang baik kepada downline-downline Anda, mereka akan lebih
serius dalam menjalankan bisnis network-marketing mereka. Jika diterapkan secara
konsisten, mudah-mudahan downline Anda juga semakin terarah dalam menerapkan
pola perilaku seorang super leader dan akan berdampak positif pada bisnis
network marketing Anda.
Selamat mencoba.
Tidak Usah Kebanyakan Mikir. Just Do It!
Dalam perjalanan karir saya
di industri network-marketing, beragam orang dengan berbagai sifat dan latar
belakang telah saya temui. Pada saat saya melakukan presentasi bisnis untuk
menceritakan kesempatan bisnis network-marketing ke orang-orang tersebut,
tanggapan yang saya terima juga bermacam-macam. Banyak yang memberikan tanggapan
positif, tidak sedikit juga yang memberikan tanggapan negatif.
Hal di atas sudah merupakan
hal yang lumrah dan sudah saya terima sebagai konsekuensi dalam menjalankan
bisnis network-marketing. Yang pasti, saya mengerti bahwa untuk mendapatkan
income yang tinggi di network-marketing, saya harus memiliki jaringan
distributor yang besar dan secara konsisten membukukan omzet penjualan yang
relatif tinggi.
Saya selalu mengingatkan
kepada distributor-distributor dalam jaringan saya bahwa bonus yang akan mereka
terima setiap bulan akan merefleksikan perkembangan jaringan dan omzet jaringan
mereka.
Seringkali seorang
distributor memiliki kesulitan untuk mem-visualisasi untuk dapat memiliki
jaringan network-marketing berjumlah ribuan orang. Saya rasa, hal ini timbul
akibat terbiasanya berada dalam paradigma “PENDAPATAN LINIER”.
Di network-marketing, Anda
hanya perlu menjiplak dan menduplikasikan hal-hal yang telah dilakukan oleh
upline-upline/mentor Anda yang telah sukses dalam mengembangkan jaringan mereka,
dengan otomatis Anda akan mencapai kesuksesan juga. Lebih baik lagi, jika Anda
dapat memanfaatkan perkembangan teknologi untuk mempermudah dan
meng-efisiensi-kan kegiatan-kegiatan tersebut supaya waktu untuk mencapai hasil
yang diinginkan dapat dipersingkat.
Daripada Anda bingung dan
cemas memikirkan apakah Anda mampu membangun jaringan yang memiliki ribuan
distributor dan omzet bulanan yang tinggi, mendingan Anda lakukan saja apa yang
diajarkan oleh orang-orang yang telah sukses dalam bisnis network-marketing.
Seperti motto salah satu
merek peralatan olah-raga : JUST DO IT!!!
Daripada bingung mikirin
caranya, JUST DO IT.
Daripada cemas tentang
kemampuan Anda, JUST DO IT.
Daripada merencanakan yang
muluk-muluk, JUST DO IT.
Daripada buang waktu, JUST DO
IT.
Daripada kebanyakan mengeluh,
JUST DO IT.
Daripada kebanyakan mikir,
JUST DO IT.
Daripada kebanyakan ngomong,
JUST DO IT.
Dengan JUST DO IT, Anda
sekaligus belajar dan meningkatkan kemampuan Anda dalam menjalankan bisnis
network-marketing. Terapkanlah JUST DO IT secara konsisten, niscaya bisnis
network-marketing Anda akan memberikan hasil yang telah anda impikan.
Sukses Adalah Sebuah Pilihan
Sukses adalah dambaan setiap
orang. Tidak ada satu orangpun yang menginginkan kegagalan dalah hidupnya. Untuk
mencapai prestasi kesuksesan dalam hidup Anda maka terlebih dahulu Anda harus
mempunyai tujuan hidup (goal setting). Tidak adanya tujuan hidup dalam diri Anda
akan menyebabkan diri Anda pasif menerima apa saja yang disodorkan oleh
kehidupan kepada Anda dan biasanya hidup Anda akan menjadi sangat membosankan/tidak
menggairahkan.
Kebanyakan orang yang hidup
tanpa tujuan akan terfokus berjalan ditempat dan menghabiskan waktunya secara
membosankan tanpa pencapaian prestasi yang berarti. Mereka hanya menjadi "penonton"
dari suatu kehidupan. Mereka hanya bisa melihat kesuksesan orang lain tapi sama
sekali tidak pernah membayangkan untuk dirinya sendiri. Inilah yang disebut
hidup tanpa tujuan/misi!, Anda harus mempunyai misi hidup di dunia ini agar
hidup Anda berarti dan menggairahkan!!
Untuk mencapai sukses tentu
saja tidak mudah, karena Anda juga harus menyikapi kegagalan dengan baik jika
memang Anda menghadapi kegagalan. Untuk mencapai sukses kerap kali kita harus
melewati kesalahan/kegagalan dalam hidup. Banyak orang ingin sukses tapi sedikit
sekali yang berani untuk menghadapi kegagalan. Kalau Anda ingin sukses, Anda
tidak boleh takut gagal!
Simak "Prestasi Kegagalan"
seseorang dan bandingkan dengan diri Anda:
- Gagal dalam bisnis/bangkrut,
1831
- Dikalahkan dalam pemilihan
legislatif, 1832
- Bisnis kembali bangkrut,
1834
- Tunangan meninggal dunia,
1835
- Nervous breakdown, 1836
- Dikalahkan dalam pemilihan
legislatif, 1838
- Dikalahkan dalam pemilihan
untuk U.S Congress, 1843
- Dikalahkan dalam pemilihan
untuk U.S Congress, 1848
- Dikalahkan dalam pemilihan
U.S Senat, 1855
- Dikalahkan dalam pemilihan
untuk U.S Vice President, 1856
- Dikalahkan dalam pemilihan
U.S Senat, 1858
- 1860, Abraham Lincoln,
berhasil Menjadi Presiden USA!!, You cannot fail... Unless you Quit!!
Anda bayangkan selama lebih
dari 25 tahun Abraham Lincoln adalah seorang "juara gagal". Jadi sebenarnya
kegagalan itu tidak ada selama Anda terus berjuang, bertahan, belajar dari
kesalahan dan mencari cara yang lebih baik mencapai kemenangan. Lain halnya jika
Anda berhenti mencoba maka pada saat itulah Anda pantas disebut sebagai orang
yang gagal alias pecundang!. Ingatlah bahwa "Winners never quit, Quitters never
win !!"
Dalil untuk mencapai
kesuksesan adalah :
1. Anda HARUS berani menjadi
sedikit "GILA" (dalam hal yang positif).
Abraham lincoln yang gagal
puluhan tahun, Thomas Alfa Edison yang gagal ribuan kali dalam uji coba lampu
pijar, colombus yang mengatakan dunia ini bulat ketika orang lain mengatakan
dunia ini datar, wright bersaudara yang ingin agar manusia bisa terbang, JF
Kennedy yang ingin manusia bisa ke bulan dll adalah contoh-contoh manusia yang
agak "gila" dan karena keuletannya yang luar biasa hebat inilah hidup mereka
bermanfaat bagi banyak orang. Jadi terkadang Anda harus berani melakukan hal-hal
yang berbeda dimana orang biasa tidak mau atau tidak berani melakukannya.
Seperti yang dikatakan oleh
President Calvin Coolidge "nothing in the world can take the place of
persistence, talent will not; nothing is more common than unsuccessful men with
talent. Education will not; the world is full of educated derelects. Persistence
and determinatiion alone are omnipotent"
Pergi Pagi Pulang Petang Pendapatan Pas-Pasan?
Untuk memiliki kebebasan
finansial, Anda mutlak harus memiliki Kecerdasan Finansial/FC (Financial
Quotient). Untuk memiliki kecerdasan finansial, Anda tidak perlu jenius secara
IQ namun hanya membutuhkan upaya untuk merubah persepsi atau pola pikir Anda
tentang uang. Benarkah jika semakin kaya seseorang maka ia harus semakin sibuk?
ternyata tidak! dan hanya orang yang punya kecerdasan finansial yang tahu
rahasianya.
Menurut Robert T Kiyosaki,
penulis best seller "Rich Dad Poor Dad", untuk memperoleh penghasilan, anda bisa
mendapatkannya dari 4 quadran berikut ini:
1. KUADARAN E (EMPLOYEE /
KARYAWAN)
Anda bekerja untuk ORANG
LAIN, dimana anda telah terikat untuk bekerja dengan waktu tertentu dan dengan
penghasilan yang tertentu juga.
2. KUADRAN S (SELF EMPLOYED /
PROFESIONAL /SMALL BUSINESS)
Anda bekerja untuk DIRI ANDA
SENDIRI, dimana anda tidak terikat secara waktu dan penghasilan, tetapi anda
harus BEKERJA SEMAKIN KERAS (menghabiskan lebih banyak waktu), untuk memperoleh
penghasilan yang lebih besar.
3. KUADRAN B (BUSINESS OWNER
/ PEMILIK BISNIS)
Anda bisa mendapatkan
penghasilan dari SISTEM, dimana dalam sistem ini ORANG LAIN bekerja untuk ANDA.
Jadi anda tidak terikat waktu, tetapi penghasilan tak terbatas.
4. KUADRAN I (INVESTOR /
PENANAM MODAL)
Anda mendapatkan penghasilan
dengan menanam modal, sehingga UANG bekerja untuk ANDA.
Anda lihat perbedaan mendasar
dari 4 kuadran diatas, pada kuadran 1 dan 2, penghasilan anda linier terhadap
waktu yang anda miliki, artinya semakin anda kaya maka semakin sibuklah Anda!
Jadi pertanyaannya: Sampai
kapan Anda sanggup untuk SIBUK?
Apakah hidup ini hanya akan
anda habiskan untuk mendapatkan UANG? Dan kalau Anda tidak bekerja maka tidak
akan mendapat uang... Menurut sebuah penelitian terbukti bahwa pada usia 35
tahun kualitas kehidupan seseorang berada dipuncak, sehingga semakin lama
semakin menurun. SUDAHKAN SIAPKAH ANDA? Pada kuadran kiri atau 1 dan 2, orang
memilih untuk mendapatkan KEAMANAN. Karena menurut mereka, jika setiap bulan
menerima penghasilan akan aman.. padahal kalau di PHK atau sakit? Penghasilan
hilang seketika..!
Jadi yang diperoleh
sebenarnya adalah KEAMANAN KERJA bukan keamanan penghasilan. Pada kuadran kanan
atau 3 dan 4, orang memilih untuk mendapatkan KEBEBASAN. Bebas berusaha untuk
mendapatkan penghasilan berapapun yg mereka inginkan!!! Jadi dia bisa
mendapatkan KEBEBASAN PENGHASILAN dan WAKTU.
Kembali pada tulisan Robert
T. Kiyosaki : Jika anda ingin mendapatkan penghasilan tak terbatas namun waktu
yang anda miliki semakin luang maka Anda harus masuk ke kuadran 3 atau 4.
TETAPI Apakah untuk itu
semudah anda berganti karier? TIDAK MUDAH!
Untuk masuk kuadran 4 Anda
sudah tentu harus punya BANYAK UANG untuk diinvestasikan. Jika anda punya maka
anda hanya perlu FQ atau Kecerdasan Finansial, sehingga anda mampu mengendalikan
RESIKO. Untuk anda berpindah ke kuadran 3 maka anda harus MENCIPTAKAN SISTEM,
atau MEMBELI SISTEM yang sudah ada. Untuk menciptakan sistem dibutuhkan
kemampuan luar biasa dan EQ atau Kecerdasan Emosional, dalam membuat sistem baru
banyak orang yang harus melalui berbagai rintangan dan kegagalan dan sebelum
mencapai kesuksesan seringkali harus gagal lebih dari 3 kali.
Selain menciptakan anda bisa
membeli sistem yang sudah sukses, sistem yang bisa dibeli ada 2 macam yaitu
Franchise (Waralaba) dan sistem pemasaran berjenjang (MLM). Untuk mendapatkan
kebebasan penghasilan / Finansial minimal anda harus berada di kuadran 3, Anda
harus memiliki SISTEM.
Cara mudah untuk memiliki
sistem adalah dengan membeli sistem yang sudah sukses. Dan sistem yang terbukti
sudah sukses tetapi murah adalah pemasaran berjenjang (MLM) atau network
marketing.
Melalui konsep ini anda bisa
belajar untuk mengendalikan RESIKO, sambil mengembangkan EQ juga belajar
bagaimana jatuh bangunnya memulai bisnis sendiri namun sekali lagi dengan murah.
Karena dalam bisnis MLM MURNI (bukan palsu) pelatihan, training dan pengembangan
SDM sangat diutamakan.
Pemain Baru di Bisnis Network Marketing
Jika Anda pernah menghadiri
presentasi bisnis network-marketing pada saat bisnis network-marketing mulai
beroperasi di Indonesia kurang lebih 10 tahun yang lalu, Anda akan melihat
banyak ibu-ibu rumah tangga yang hadir. Sekarang, bisnis network-marketing telah
digeluti oleh orang dari berbagai kalangan dan latar belakang yang berbeda, tapi
yang berkembang paling pesat adalah pelaku network marketing baru dari kalangan
eksekutif dan kalangan professional.
Perkembangan industri
network-marketing selama satu dekade terakhir telah berhasil menarik minat
banyak kalangan untuk ikut berpartisipasi. Saat ini, kita sudah melihat banyak
professional yang menjalankan dan mengembangkan bisnis network-marketing mereka
sendiri.
Sekarang, jika Anda
menghadiri presentasi bisnis network-marketing, sudah merupakan hal yang lumrah
untuk melihat dokter, bankir, pengacara, bintang sinetron, selebritis yang
berpartisipasi dalam presentasi bisnis tersebut.
Meningkatnya partisipasi dari
kalangan eksekutif dan professional memberikan kontribusi yang tinggi terhadap
perkembangan industri network-marketing. Dengan bergabung, kalangan professional
membawa keahlian teknis, pengakuan sosial dan juga kredibilitas terhadap
industri network-marketing. Para professional ini adalah orang-orang yang
mempunyai karir yang relatif mapan dan penghasilan yang relatif tinggi.
Kalau begitu, mengapa para
eksekutif dan professional ini berminat menggeluti bisnis network-marketing?
Para professional tertarik
untuk menggeluti bisnis network-marketing karena bisnis ini menawarkan potensi
kebebasan finansial (financial freedom) dan kebebasan untuk mengatur hidup
mereka sendiri tanpa harus bergantung kepada orang lain.
Para professional adalah
calon-calon yang ideal untuk menggeluti bisnis network-marketing. Mengapa?
Mari kita analisa kehidupan
seorang dokter. Seorang dokter bekerja 10 s/d 12 jam sehari, dan kadang-kadang
harus siaga 24 jam. Memang tidak dapat dibantah bahwa penghasilan seorang dokter
relatif cukup tinggi. Jika seorang dokter memperoleh pendapatan Rp.300 juta per
tahun, penghasilan tersebut tetap saja merupakan penghasilan linear (linear
income). Seorang dokter menerima income jika mereka bekerja/berpraktek, jika
mereka tidak bekerja/berpraktek, income tidak akan datang dengan sendirinya.
Walaupun seorang dokter
memperoleh income yang relatif tinggi, ia juga menginginkan lebih banyak waktu
untuk keluarganya, untuk mengembangkan hobbynya atau untuk menikmati liburan
dengan keluarganya. Bisnis network-marketing memungkinkan seorang dokter untuk
mencapai apa yang tidak ditawarkan oleh penghasilan linear dia.
Kalangan eksekutif (seperti
bankir) juga menginginkan hal yang sama. Akibat Krisis Moneter, banyak bankir
yang dulu memperoleh income ratusan juta per tahun mengalami PHK hingga harus
mencari sumber income lain dan dapat memberikan income tinggi secara lebih
terjamin.
Untuk para eksekutif yang
tidak terkena PHK akibat krisis moneter, mereka mungkin harus bekerja 2 kali
lebih keras tanpa memperoleh kenaikan gaji. Oleh karena itu, mereka juga mulai
mempertimbangkan alternatif-alternatif lain untuk memperoleh income yang tinggi.
Lagi-lagi, bisnis network-marketing merupakan solusi yang mereka butuhkan.
Network-marketing adalah
satu-satunya bisnis yang beresiko rendah, tetapi berpotensi memberikan hasil
yang luar biasa tinggi. Hal ini tentu saja menarik untuk para professional yang
walaupun mempeoleh income yang tinggi, tetapi harus dengan mengorbankan waktu
yang seharusnya di-alokasikan untuk keluarga dan orang-orang tercinta.
Saya yakin, dengan berlalunya
waktu, akan semakin banyak lagi eksekutif dan professional yang juga akan ikut
bergabung dan mengembangkan industri network-marketing ini.
Jika Anda adalah seorang
professional yang sedang mempertimbangkan untuk menggeluti bisnis network
marketing, dengan senang hati saya akan bekerjasama dengan Anda untuk mewujudkan
financial independence yang Anda impikan.
Network Marketer & Konglomerat Properti : Sebuah Analogi
Jika Anda menjalankan bisnis
network marketing, maka Anda dapat di-ibaratkan seperti seorang konglomerat
properti yang mempunyai banyak asset-asset properti berupa gedung dan
perkantoran bertingkat. Bagaimana mungkin???
Bisnis network marketing
adalah sebuah bisnis jangka panjang yang akan memberikan hasil berupa residual
income secara terus-menerus walaupun usaha awal untuk memperoleh income tersebut
telah selesai dilakukan pada waktu yang lampau.
Seorang network marketer
perlu menginvestasikan modal, meluangkan waktu untuk membangun organisasi
network-marketing secara perlahan-lahan, satu distributor demi satu distributor.
Pada saat organisasinya telah berkembang, sukses dan produktif, residual income
akan diperoleh secara terus menerus walaupun ia memutuskan untuk tidak lagi
aktif menjalankan bisnis network marketingnya.
Seorang konglomerat properti
juga membutuhkan waktu yang lama untuk merencanakan proyek properti, membangun
pondasi, menyelesaikan konstruksi setingkat demi setingkat hingga akhirnya
selesai membangun gedung bertingkat yang menghasilkan uang sewa secara
terus-menerus di kemudian hari.
Jika Anda baru saja memulai
bisnis network marketing Anda, kemungkinan besar Anda akan bertemu dengan orang
yang mentertawai, menganggap remeh atau bahkan mencemooh usaha Anda dalam
mengembangkan bisnis network marketing Anda.
Pada saat Anda berada dalam
posisi sulit tersebut, Anda dapat memberikan jawaban sebagai berikut :
“Teman, mari saya ceritakan
proyek apa yang sedang saya kerjakan. Saat ini, saya sedang menjalankan proyek
jangka panjang untuk mencapai kebebasan finansial (financial freedom). Proyek
yang saya kerjakan sekarang kurang lebih mirip sebuah proyek properti. Bisa
diibaratkan saya sedang membangun apartemen 50 kamar untuk dikontrakkan kepada
orang lain.”
“Anda sendiri tahu bahwa
perlu waktu untuk membangun apartemen 50 kamar bukan?? Nanti kalau sudah selesai
dibangun, saya akan menikmati income dari hasil mengontrakkan 50 apartemen
tersebut kepada orang lain.”
“Saat ini, saya sedang dalam
proses konstruksi gedung apartemen-nya. Wajar saja kalau sewaktu saya membangun
gedung tersebut, saya perlu melakukan investasi. Dan tentu saja selama periode
konstruksi gedung apartemen tersebut, saya masih belum akan menikmati uang
sewanya, bukan??”
Berhentilah berbicara sejenak.
Lawan bicara Anda pasti sadar bahwa tidak mungkin memperoleh uang sewa apabila
gedung apartemen 50 kamar tersebut belum selesai dibangun.
Kemudian lanjutkan
pembicaraan Anda :
“Begitulah keadaannya. Saat
ini saya sedang berada dalam tahap membangun. Nanti kalau sudah selesai, akan
saya kabarkan dan bersama-sama akan kita lihat hasilnya.”
“Bagaimana dengan Anda??
Apakah Anda melakukan proyek jangka panjang untuk masa depan Anda??”
Cukup demikian tanggapan Anda.
Tergantung kepada lawan bicara Anda untuk memahami dan mempelajari bisnis
network marketing yang sedang Anda jalankan.
Jangan pernah merasa malu
mengakui bahwa Anda melakukan bisnis network marketing!!!
Anda memang benar-benar
menjalankan proyek jangka panjang, sama seperti halnya seorang konglomerat
properti.
Apakah seorang konglomerat
properti merasa malu jika gedung bertingkat yang dibangunnya sedang dalam tahap
perencanaan dan konstruksi??? Tentu saja tidak!!!
Oleh karena itu, Anda juga
tidak perlu merasa malu mengakui keterlibatan Anda di bisnis network marketing.
Berapa banyak income yang
Anda harapkan dari bisnis network marketing Anda?? Semuanya terserah Anda.
Yang perlu Anda ingat adalah,
Anda sedang membangun asset yang akan menghasilkan income di kemudian hari.
Mungkin perlu waktu beberapa tahun untuk dapat menikmati hasil dari investasi
Anda. Konglemerat properti juga membutuhkan waktu beberapa tahun sebelum dapat
menikmati income dari menyewakan gedung bertingkat yang dia bangun.
Jadi, berapa banyak income
yang Anda harapkan dari bisnis network marketing Anda???
.
Network-Marketing : Hobby atau Bisnis?
Sudah berapa lama Anda
bergabung sebagai distributor sebuah perusahaan network-marketing? Apakah Anda
telah mencapai target yang Anda tentukan? Atau, hasil yang Anda peroleh di
network-marketing masih belum sesuai dengan apa yang Anda harapkan. Apapun hasil
yang telah Anda peroleh di network-marketing sampai saat ini, kemungkinan besar
semuanya terkait dengan pendekatan Anda sendiri terhadap industri
network-marketing. Intinya adalah : Apakah Anda memperlakukan network-marketing
sebagai sebuah hobby? Atau, Anda memperlakukan network-marketing sebagai sebuah
bisnis.
Banyak distributor
network-marketing mengeluh bahwa mereka belum mencapai target yang mereka
harapkan. Tapi, sebelum seorang distributor mengeluh tentang hasil yang belum
sesuai dengan harapan, ada baiknya mereka merenungkan apakah mereka telah
memperlakukan kegiatan network-marketing layaknya sebuah bisnis, ataukah sekedar
sebagai hobby.
Untuk mensukseskan
network-marketing sebagai sebuah bisnis, banyak hal yang perlu dilakukan.
Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut :
Satu, Sebuah bisnis bisa
sukses apabila ilmu yang terkait dengan bisnis tersebut telah dipelajari dan
diterapkan dengan baik. Apakah Anda telah mempelajari dan mengimplementasikan
cara-cara menjalankan bisnis network-marketing dengan benar dari leader / mentor
Anda?
Dua, Sebuah bisnis bisa
sukses bila didukung dengan modal yang cukup, baik modal keringat, maupun modal
keuangan. Apakah Anda telah mengeluarkan modal keringat & modal keuangan yang
cukup untuk bisnis network-marketing Anda? Apakah Anda mempergunakan produk (swakonsumsi)
dan tutup point secara teratur setiap bulannya? Apakah Anda secara konsisten
melakukan presentasi untuk merekrut distributor baru ke dalam jaringan
network-marketing Anda?
Tiga, Sebuah bisnis bisa
sukses bila didukung kegiatan marketing yang memadai. Apakah anda telah cukup
melakukan kegiatan marketing untuk bisnis network-marketing Anda baik melalui
iklan di koran, iklan di internet, selebaran dan sebagainya?
Empat, Sebuah bisnis bisa
sukses apabila hal-hal diatas telah diimplementasikan secara disiplin dan
konsisten selama kurun waktu tertentu. Untuk sukses di bisnis network-marketing,
Anda perlu menerapkan hal-hal di atas secara disiplin dan konsisten
setidak-tidaknya selama dua tahun. Apakah Anda telah menerapkan hal-hal di atas
secara disiplin dan konsisten selama dua tahun?
Jika Anda belum mencapai
target yang Anda harapkan dan belum memaksimalkan potensi penghasilan dari
network-marketing, jangan-jangan, Anda hanya seorang hobbyist network-marketing,
dan bukan seorang pebisnis network-marketing!!
Network-Marketing Bukanlah Pertunjukan Sulap
Anda pernah menghadiri pesta
ulang tahun anak-anak? Sering kali dalam sebuah pesta ulang tahun anak-anak, ada
pertunjukan sulapnya. Saya sendiri selalu terkesima dengan pertunjukan sulap
yang saya tonton pada pesta ulang tahun sewaktu saya masih kecil. Bahkan sampai
saya menginjak usia remaja, saya selalu terkesima dengan pertunjukan sulap yang
ditayangkan di televisi oleh jago-jago sulap seperti David Copperfield.
Sering dalam pertunjukan
sulap, sesuatu yang sebelumnya tidak ada bisa tiba-tiba muncul begitu saja.
Sebagai contoh, koin yang tiba-tiba dimunculkan oleh pesulap dari belakang
kuping seorang pemirsa. Kadang-kadang, saya sendiri juga mencoba mempelajari
atraksi sulap kecil-kecilan. Akan tetapi walaupun sudah belajar dari buku
petunjuk sulap, atraksi sulap yang terlihat mudah tetap saja tidak berhasil saya
lakukan.
Walaupun demikian, satu hal
yang saya pelajari adalah bahwa semua atraksi sulap itu adalah tipuan semata.
Artinya, kita tidak dapat membuat sesuatu yang tidak ada menjadi ada. Sebuah
atraksi sulap merupakan hasil dari sebuah proses yang telah dipersiapkan dan
diatur sedemikian rupa sehingga membuat para penonton menerima atraksi sulap
sebagai sebuah hiburan yang menarik.
Saat ini, saya menjalankan
bisnis network-marketing. Saya menyadari bahwa banyak usaha dan investasi yang
harus saya lakukan terlebih dahulu sebelum saya dapat menikmati hasilnya.
Walaupun demikian, saya cukup kaget melihat banyak sekali pelaku-pelaku bisnis
network-marketing yang menjalankan bisnis ini bagaikan sebuah pertunjukan sulap.
Orang-orang ini berharap
dapat menikmati hasil bisnis network-marketing tanpa melakukan investasi waktu,
uang dan usaha untuk bisnis mereka. Singkat kata, orang-orang ini menganggap
bisnis network-marketing itu adalah sebuah pertunjukan sulap dimana sesuatu yang
sebelumnya tidak ada dapat tiba-tiba dimunculkan hanya dengan menjentikkan jari
atau dengan mengayun-ayunkan tongkat ajaib.
Orang-orang yang menjalankan
bisnis network-marketing bagaikan pertunjukan sulap berharap dapat segera
menjadi kaya hanya dengan mengisi formulir pendaftaran, dan komisi dan bonus
yang akan membuat mereka menjadi kaya akan datang dengan sendirinya.
Perlu Anda sadari bahwa
network-marketing adalah sebuah bisnis, bukan undian berhadiah. Dalam undian
berhadiah, Anda mengisi formulir dan berhadap dapat memenangkan hadiah. Supaya
sebuah bisnis dapat berhasil, Anda harus melakukan investasi waktu, uang dan
usaha.
Anda harus sadar bahwa
keputusan Anda untuk menjalankan bisnis network-marketing harus diikuti dengan
investasi waktu, uang dan usaha sebelum Anda akan melihat hasilnya. Jika Anda
ingin mendapatkan hasil yang maksimal dari bisnis network-marketing Anda,
mampukah Anda melakukan hal-hal yang harus dilakukan untuk berhasil di bisnis
network-marketing? Maukah Anda belajar? Maukah Anda melakukan hal-hal yang telah
dilakukan oleh leader-leader Anda yang telah sukses?
Tentukanlah sikap Anda
sekarang juga, karena keberhasilan Anda di bisnis network-marketing sepenuhnya
tergantung kepada sikap yang Anda ambil sekarang.
MLM Masa Depan Finansial Baru
Tak perlu dipungkiri,
industri MLM saat ini banyak diminati. Sebab, walau industri ini telah
berlangsung 30 tahun lalu, baru sekarang sebagian masyarakat menyadari kekuatan
bisnis ini, terutama bagi para pegawai dan profesional. Mereka kini mulai
melirik bisnis ini, mengingat sebagian besar dari bisnis yang mereka bangun,
basis keuangannya tidak jauh beda dengan pebisnis MLM.
MLM mungkin menjadi ' batas
akhir ' seorang entrepreneur dalam memberikan penghasilan dari bisnis mereka.
Lebih - lebih bagi konsumen, merupakan ujian untuk mendapat income kedua di luar
gaji, dengan resiko yang relatif kecil. Bukan rahasia lagi, masyarakat saat ini
dibenturkan pada soal pemecatan, perusahaan gulung tikar, gaji yang minim, serta
susahnya mencari penghasilan yang resikonya kecil.
MLM telah berubah dan
berkembang tahap demi tahap. Dalam kurun waktu tertentu, MLM dikenali sebagai
industri ' penjualan sabun' lalu berkembang hingga konsumen yang biasa membeli
di toko - toko dapat membelinya melalui MLM, khususnya produk gizi dan perawatan
kulit. Di tahun 80 an , bukan hanya produk yang ditawarkan MLM, juga merambah ke
industri jasa yang terus dikembangkan.Sebagian perusahaan MLM juga punya
kepedulian sosial yang tinggi. Misal, merawat para tuna wisma, memberi makan
kaum miskin, mebersihkan lingkungan dan sebagainya.
Sponsor dan upline anda satu.
Bila anda telah memilih bergabung dengan suatu perusahaan MLM, anda membutuhkan
sponsor yang memberi bantuan secara aktif. Kadang - kadang sponsor langsung
teramat baru bagi bisnis anda. Ini wajar - wajar saja, sepanjang upline senang
bekerja dengan anda. Mendapatkan pelatihan dan materi marketing begitu vital
diperlukan. Sebab, ada juga perusahaan MLM tidak memberi training. Jadi sponsor
atau upline anda diwajibkan membantu dan melatih, khususnya jika anda seorang
pendatang baru di MLM atau pernah menjalani kegagalan di MLM.
Sponsor atau upline harus
mampu menjawab pertanyaan anda, bagaimana mewujudkan dan mempresentasikan produk
atau jasa perusahaan, maupun peluang bisnisnya. Ia harus menolong anda merekrut
distributor - distributor baru diantara klien hingga mampu mendirikan jaringan
anda. Lagi-lagi, sebagai besar perusahaan tidak memiliki perlengkapan penjualan
yang anda perlukan, maka mencari sponsor atau upline yang bisa membuat materi
amatlah penting.
Beberapa ide tambahan
terdapat ribuan perusahaan MLM yang bisa dipilih. Namun hanya sedikit yang cocok
dengan anda. Sekali jadi distributor, anda sepenuhnya punya semua keuntungan dan
resiko bisnis. Anda punya tanggung jawab besar ketika akan mendistribusikan
produk atau terlibat secara part time di perusahaan. Tapi inipun masih bisnis
anda sendiri. Mungkin anda mengetahui berdasarkan statistik, kegagalan -
kegagalan bisnis MLM dan non MLM. Selama hidup anda dihadapkan resiko - resiko
bila ingin meraih kemajuan. Sejak lahir ke dunia, baik menetap di rumah yang
relatif aman , anda tetap dihadapkan dengan resiko.
Tak satupun prestasi diraih
tanpa berhadapan dengan resiko. Jika anda bermimpi tentang kehidupan yang lebih
baik - buat diri sendiri, keluarga atau mungkin semua manusia tidak ada jalan
yang lebih baik kecuali berjanji untuk mengambil langkah maju. Dalam kata - kata
Goethe [ yang sering terdengar belakangan ini ] : ' Apapun yang dapat anda
lakukan atau bermimpi bisa melakukan, lakukan. Keberanian memiliki kepandaian,
kekuatan dan keajaiban di dalamnya, lakukanlah sekarang ! Bagi para pendatang
baru, program yang mewah dan mudah dapat membantu anda ' belajar sambil bekerja
'. Inilah jalan prestasi untuk mengetahui mengapa jutaan orang berkepentingan
dalam MLM. Nah, dengan perusahaan dan upline yang tepat, anda mungkin berhasil
hingga menjadi milliarder !!
# Beverly Nadler adalah
seorang konsultan MLM/Network Marketing terkenal, penulis, pelatih dan
motivator. Ia juga dikenal di bidang kesehatan, specialis gizi dan pengembangan
kepribadian. 12 kaset rekaman ' You can be successful in MLM ' adalah diantara
materi terjelas dan praktis pada industri ini. " Taking Charge " , buku dan
kasetnya, diketahui sebagai sumber motivasi para profesional.
[ Majalah Sukses - Maret 2004
]
Meet Learn Multiply
Bertemu dan belajar seperti
pablo, begini ceritanya :
Apakah Anda pernah membaca
karya-karyanya Burke Hedges ? 'Dream-biz.com', Copycat Marketing 101, Who Stole
the American Dreams? dll ? Di bawah ini ada cuplikan dari bukunya yg terbaru '
The Parable of the Pipeline'.
Tahun 1801 di sebuah desa
kecil di Italia Ada dua orang saudara sepupu, PABLO & BRUNO. Sangat ambisius,
pekerja keras dan ingin menjadi orang terkaya di desanya. Satu kesempatan datang
melalui kepala desa yg menugaskan mereka untuk memindahkan air dari sungai ke
penampungan air di tengah desa. Mereka diberi ember dan dibayar berdasarkan
jumlah ember air yg mereka bawa tiap harinya. Singkat cerita, mereka menikmati
kerja dan hasilnya. Mereka bisa membeli pondok & keledai sendiri. BRUNO MERASA
CITA-CITANYA MULAI TERWUJUD, tapi PABLO TIDAK MERASA DEMIKIAN. Punggung PABLO
terasa nyeri dan telapak tangannya lecet karena beban ember tadi.
Mereka istirahat setiap Sabtu
& Minggu. Tiap pagi mereka stress terutama Minggu sore, karena besoknya harus
mengangkat ember lagi. PABLO akhirnya mencari akal bagaimana caranya memindahkan
air yang lebih efisien & efektif.
Akhirnya PABLO mendapat ide
untuk MEMBANGUN SALURAN PIPA dari sungai ke desanya. Dia menceritakan idenya
kepada BRUNO, tapi BRUNO menolaknya mentah-mentah. BRUNO sudah nyaman dengan
kondisinya sekarang. Upahnya besar, punya pondok & keledai sendiri, tiap malam
dia istirahat, akhir pekan bisa berlibur ke pantai, ke gunung, ke perkumpulan
olah raga atau ke kedai kopi bersama teman-temannya dst.
PABLO akhirnya merealisasikan
idenya sendiri. PAGI HINGGA SORE DIA MENGANGKUT EMBER AIR, MALAM HARI DIA
MEMBANGUN SALURAN PIPA. BRUNO & teman-temannya mengejek PABLO, tapi PABLO tidak
peduli.
PABLO punya visi jauh ke
depan karena TIDAK SELAMANYA DIA KUAT MENGANGKUT EMBER AIR. BRUNO semakin kaya,
tetapi semakin bungkuk dan melemah. Semakin banyak orang mengangkut ember bahkan
dengan ember yg lebih besar.
MESKIPUN MULAI SAKIT & MENUA,
BRUNO SADAR BETUL BAHWA DIA TIDAK BISA BERHENTI MENGANGKUT EMBER AIR KARENA
UPAHNYA AKAN HILANG.
Setelah 5 tahun,
saluran-saluran pipa PABLO rampung dan dia mulai menikmati income dari orang yg
membeli air dari saluran pipanya. SALURAN PIPANYA TERUS MENGALIRKAN AIR & UANG
MESKIPUN PABLO SEDANG MAKAN, ISTIRAHAT, TIDUR BAHKAN BERLIBUR SEKALIPUN. DIA
MENDAPATKAN KEBEBASAN FINANSIAL & WAKTU.
Bahkan BRUNO berencana untuk
membangun pipa ke seluruh negeri. Teringat kepada saudaranya, PABLO kembali
mengajak BRUNO yg sudah terlihat tua, lelah dan bungkuk. BRUNO akhirnya melihat
visi saudaranya itu dan membangun saluran pipa bersama-sama.
Sekarang mereka telah meraih
'RETIRED YOUNG, RETIRED RICH' seperti judul bukunya ROBERT T. KIYOSAKI. “LAKUKAN
SEKARANG, SEBELUM ANDA MEMBUTUHKAN”
Krismon Menghadang, Network Marketing Menerjang
Jika Anda adalah pelaku
bisnis network-marketing, ada berita baik buat Anda, tapi ada juga berita buruk.
Tapi berita terbaik adalah : kedua-duanya berita yang akan saya sampaikan adalah
berita baik untuk Anda. Bingung?? Jika pernyataan di atas rada-rada
membingungkan Anda, teruskanlah membaca artikel ini.
Pada saat perekonomian sebuah
negara sedang maju dan berkembang, orang-orang cenderung tidak berpikir untuk
mencari sumber income tambahan. Buat apa?? Kerjaan ada, gaji yang relatif tinggi
diterima setiap bulan, sehingga orang-orang akan cenderung berperilaku konsumtif.
Akan tetapi, pada saat
perekonomian sebuah negara memburuk, orang-orang akan cenderung mencari income
tambahan melalui karir-alternatif. Caranya bisa dengan mencari sumber income
tambahan di luar gaji dari kantor.
Di Indonesia, kita telah
mengalami Krisis Moneter sejak tahun 1997, dan sampai sekarang perekonomian
negara kita belum sebelumnya pulih. Perekonomian dunia secara global-pun saat
ini sedang dibayang-bayangin oleh ancaman resesi dunia akibat situasi
perekonomian Amerika Serikat dan Jepang yang masih berada dibawah ancaman resesi.
Secara global, orang-orang
mulai khawatir mengenai kemungkinan memburuknya perekonomian dunia. Kita di
Indonesia juga khawatir karena jika perekonomian dunia memburuk, maka pemulihan
perekonomian nasional akan kembali tersendat-sendat.
Adanya kekhawatiran tersebut
mengakibatkan orang-orang mulai mengencangkan ikat pinggang dan mencoba mencari
cara-cara untuk melakukan penghematan. Jika memungkinkan, orang-orang juga akan
mencari income tambahan untuk berjaga-jaga jika memburuknya perekonomian
nasional sampai menimbulkan dampak yang tidak diinginkan seperti pemutusan
hubungan kerja (PHK).
Nah, saat-saat inilah
orang-orang akan sibuk mencari sumber income alternatif. Dalam usaha mencari
income alternatif dan income tambahan tersebut, orang-orang tersebut akan sadar
bahwa industri network marketing merupakan pilihan income alternatif terbaik.
Kembali ke awal artikel di
atas, saya mengatakan : “Jika Anda adalah pelaku bisnis network-marketing, ada
berita baik buat Anda, tapi ada juga berita buruk. Tapi berita terbaik adalah :
kedua-duanya adalah berita baik untuk Anda.” Maksud saya adalah, bersiap-siaplah
untuk menghadapi perkembangan industri network marketing yang tidak terbendung
di tengah ketidak pastian perekonomian nasional dan global.
Jika Anda belum terlibat
dengan industri network marketing, segeralah pelajari potensi-potensi yang
ditawarkan oleh industri network marketing ini. Network marketing dapat
memberikan income alternatif, residual income, dan bahkan karir alternatif yang
memberikan potensi income yang sangat tinggi.
Saya yakin Anda akan
menyadari bahwa industri network marketing adalah industri yang benar-benar
“Anti Krismon”!!!
Kita Adalah Elang
Seorang petani menemukan
telur elang dan menempatkannya bersama telur ayam yang sedang dieraminya.
Setelah menetas, elang itu hidup dan berperilaku sama persis seperti anak-anak
ayam, karena ia mengira bahwa dirinya memang anak ayam. Ia mengais tanah untuk
mencari cacing dan serangga. Dia berkotek dan berkokok. Dia akan
mengepak-ngepakkan sayapnya dan terbang beberapa meter di udara.
Pada suatu hari, ia melihat
seekor elang yang dengan gagah terbang mengarungi angkasa. "Wow, luar biasa !
Siapa dia itu ?" katanya penuh kekaguman.
"Itulah elang, si raja segala
burung !" sahut ayam disekitarnya.
"Kalau saja kita bisa terbang,
ya ? Luar biasa !"
"Ah, jangan mimpi ! Dia
adalah mahluk angkasa, sedang kita hanya mahluk bumi. Kita hanya ayam !"
Alkisah, elang itu makan,
minum, menjalani hidup dan akhirnya mati sebagai ayam, karena begitulah
anggapannya tentang dirinya.
Apakah kita ingin menjadi "AYAM"
padahal kita semua "ELANG" ?
Jawabannya ada pada diri kita
sendiri .!
- Anthony de Mello
Moral lesson:
Kita apa yang kita pikirkan.
Jika kita berpikir BISA, kita BISA, bila kita berpikir Pasti Gagal, kegagalanlah
yang akan kita tuai!
Favourite Quote:
"Masa adalah Depan milik
orang-orang yang percaya akan keindahan dari impian-impian mereka"
Tidak ada komentar:
Posting Komentar